Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa yang Memiliki Gaya Belajar Visual dan Kinestetik Melalui Model Pembelajaran CIRC dan RADEC
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara model CIRC dan RADEC terhadap keterampilan menulis siswa, mengetahui perbedaan gaya belajar siswa terhadap keterampilan menulis siswa, mengetahui interaksi antara model CIRC dan RADEC dan gaya belajar siswa terhadap keterampilan menulis siswa. Sampel penelitian berjumlah 103 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Teknik analisis Anova Dua Arah, data diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model CIRC dan RADEC, dimana model RADEC lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran CIRC, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dan visual dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Simpulan dari penelitian adalah Model RADEC terbukti lebih efektif dibandingkan dengan CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, terutama dalam menulis pantun, meskipun perbedaan gaya belajar kinestetik dan visual kurang berbeda secara signifikan, namun penting bagi guru untuk memahami dan mengakomodasi gaya belajar siswa guna menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, karena kombinasi antara model pembelajran RADEC dengan gaya belajar kinestetik dapat memberikan hasil yang lebih optimal terhadap keterampilan menulis siswa.
Kata Kunci: Gaya Belajar Kinestetik dan Visual, Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran CIRC dan RADEC
References
Budiastra, A. A. K., Iwan, W., & Erlina, N. (2023). Interactive Video of Science Practicum: The Urgency and Development of Science Practicum in Elementary Schools in Distance Learning. In: Progress in Language, Literature and Education Research, 2, 63–75.
Dwisafitri, J., Chamdani, M., & Ngatman, N. (2024). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pengalamanku Di Sekolah Pada Siswa Kelas II SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.75440
Faharurrozi., Edwita., Bintoro, T., Kusmawati, A. P., Zakiah, L., Sundari, F. S., Murnivianty, L., Sundi, V. H., Simbolon, M. E., Prasrihamni, M., & Mulyawati, Y. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. UNJ Press.
Fernando, A., dkk. (2024). Penerapan Model RADEC dalam Pembelajaran Menulis. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–58.
Garcia, R. & Chen, M. (2022). Using Visual Aids to Enhance Learning Outcomes for Visual Learners. International Journal of Instruction, 16(1). https://doi.org/10.29333/iji.2022.1611a
Ghofur, A., Widiastuti, R., & Hayati, N. (2024). Effectiveness of Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) Learning Model Based on Local Wisdom to Improve Reading Skills in Children. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1675–1684. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6468
Hajeniati, A. K. dan N. (2020). Pembelajaran Inovatif dan Kreativ. Gowa: Pusaka Almaida.
Halim, A., Sari, R., & Prasetyo, D. (2023). The Effectiveness of RADEC Model on Students’ Writing Skills. Indonesian Journal of Educational Research, 5(2), 123–135.
Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Setiawan, D., & Suhendra, I. (2019). Dampak Perlakuan Model Pembelajaran
Radec Bagi Calon Guru Terhadap Kemampuan Merencanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 79–93. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1857
Hanum, C. B., Sopandi, W., & Sujana, A. (2023). Students’ Participation and Collaboration Skills through RADEC Learning Model and the Influencing Factors. Mimbar Sekolah Dasar, 10(1), 210–225. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v10i1.55449
Hasanah, R. Z. (2021). Gaya Belajar (Learning Style) (1st ed.). Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Johnson, D. & Lee, E. (2023). The Impact of Learning Styles on Teaching Effectiveness: A Meta-Analysis. Journal of Educational Research, 117(2).
Johnson, R., & Lee, T. (2022). Enhancing writing skills through collaborative learning: A study on CIRC. Journal of Literacy Research, 36(2), 150-167.
Jumadi. (2021). Cara Mudah Menulis Puisi Bebas dengan CIRC. Karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.
Mangundap, E. G. M., Katuuk, D. A., Monigir, N. N., & Kumolontang, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tomohon. Epistema, 4(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61341
Martinez, L. (2024). Social Skills Development through RADEC: A Qualitative Study. Journal of Modern Education, 39(1), 45-59.
Musfirah, M., Adnan K, A. K., & Jafar, M. I. (2022). Hubungan Gaya Belajar Visual dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 24 Macanang. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 118. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27159
Nugraha, T., & Mahardhika, S. N. (2023). Student response to the radec learning model in improving teacher pedagogic competence. Current Issues on Elementary Education Journal, 2(1), 50–58. https://doi.org/10.17509/ciee.v2i1.61888
Nuraini, A., & Rahman, Y. (2022). The Impact of CIRC on Students’ Writing Skills. International Journal of Language Education and Teaching, 10(3), 200–210.
Nurainun, N., & Nasution, S. (2024). The Influence of the CIRC Learning Model (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) on the Reading Skills Students at Islamic Elementary School. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 6(2), 38–57. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i2.5172
Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah, W., Pulungan, R. M. I., & Zahratunnisa, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675
Rahayu, A., & Surya, B. (2021). Analisis Dampak Gaya Belajar Visual dan Kinestetik terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(3), 67-78.
Rohmah, N., & Abdurrahman, A. (2022). Effective Writing Skills: A Critical Competence for Primary Education. Journal of Language and Education, 8(2), 101-110.
Sari, R., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Visual dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 123-135.
Sari, R. (2022). Visual Learning in Writing Education. Indonesian Journal of Language Teaching, 8(2), 99–110.
Setiawan, B., & Lestari, P. (2023). RADEC Model in Language Learning. Journal of Language and Education, 6(1), 15–25.
Smith, J., & Brown, A. (2023). The Effectiveness of RADEC Model in Enhancing Reading and Writing Skills. International Journal of Educational Research, 45(2), 123–135.
Smith, J. & Brown, A. (2023). Impact of Kinesthetic Learning on Student Engagement and Academic Achievement. Journal of Educational Psychology, 115(3). https://doi.org/10.1037/edu0000743
St. Asiyah, S. A., & Oktaviani, D. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII-5 Smpn 14 Kota Bengkulu. Lateralisasi, 9(1), 30–37. https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v9i1.1716
Sugianto, B., & kawan-kawan. (2022). Gaya Belajar dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 67–78.
Thompson, L. & Joseph, K. (2024). Aligning Instructional Strategies with Learner Styles for Enhanced Learning Outcomes. Education and Information Technologies, 29(1). https://doi.org/10.1007/s10639-023-11354-z
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680
Ubaidillah, M. F., Yusuf, A., Mubaroq, M. A., & Jauhari, M. A. (2023). Analisis Model Pembelajaran Sesuai dengan Gaya Belajar Anak Sekolah Dasar yang Beragam. Alsys, 3(4), 374–387. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i4.1304
Wardani, R. P. K., & Munir, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Radec dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Siswa Kelas XI IPS di SMAN Darussholah Singojuruh Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Research and Development Journal Of Education, 10(2), 1248–1261. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25527
Waryani. (2021). Dinamika Kinerja Guru dan Gaya Belajar: Konsep dan Implementasi Terhadap Prestasi Belajar (Abdul (ed.)). Jakarta Selatan: Adab.
Wijaya, D., & Hartono, Y. (2021). Perbandingan Kinerja Belajar Siswa dengan Gaya Belajar Visual dan Kinestetik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 45-53.
Wikanengsih. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 177–186.
Yamin, M., & Amalia, R. (2022). Pendekatan Pembelajaran yang Variatif dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(4), 201-215.
Yamin, & Amalia, S. ika. (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa. Journal of Elementary School (JOES), 5, 97–105.
Yanti, F., Missriani, & Darwin Effendi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Pada Siswa Kelas Viii Smp N 5 Rantau Bayur. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 467–475. https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.255
Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 85–93. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.592
Copyright (c) 2024 Adikia Waruwu, A. A. Ketut Budiastra, Zakirman Zakirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.