Understanding Teacher-Student Interactions: Expressive and Directive Elicitations in English Classes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak elisitasi dan direktif dalam interaksi kelas guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sumalata Timur dan SMP Negeri 1 Sumalata, Kawasan Teluk Tomini, dan mengidentifikasi penggunaan tindak direktif dalam mengarahkan proses pembelajaran. Menggunakan pendekatan mikroetnografi, penelitian ini mengamati dan merekam interaksi dalam kelas untuk memahami cara guru mengelola pembelajaran melalui tindak elisitasi yang mendorong partisipasi siswa dan tindak direktif yang memberikan instruksi. Data dianalisis dengan memfokuskan pada jenis dan frekuensi tindak elisitasi serta direktif yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi elisitasi yang variatif meningkatkan keterlibatan siswa, dan guru menggunakan berbagai strategi elisitasi, seperti pertanyaan terbuka dan penugasan diskusi, yang terbukti meningkatkan keterlibatan siswa, serta siswa menunjukkan respons positif dan aktif berpartisipasi ketika elisitasi dilakukan dengan cara yang menarik. Jenis elisitasi ekspresif yang ditemukan dalam data meliputi tuturan terima kasih, memberikan selamatm tindak memuji, mengkritik, menyalahkan, dan meminta maaf. Sementara itu, tindak elsisitasi direktif meliputi tindak memerintah, memohon, dan memesan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan praktik pengajaran yang lebih interaktif dan efektif di sekolah. Penelitian ini juga menyarankan perlunya pelatihan bagi guru untuk memperkuat kemampuan mereka dalam memanfaatkan kedua jenis tindak ini dalam interaksi kelas.
Kata Kunci: Interaksi Kelas, Pembelajaran Bahasa Inggris, Tindak Direktif, Tindak Elisitasi
References
Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some Universals in Language Usage. Cambridge: Cambridge University Press.
Chen, Y., Zhang, Y., & Liu, X. (2022). The Impact of Clear Instruction on Student Engagement in Higher Education. Journal of Educational Psychology, 114(2), 203-217.
Danial, H & Idul, R. 2020. Preferensi Peserta Didik terhadap Umpan Balik Guru pada Kemampuan Menulis Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kawasan Teluk Tomini. Jurnal KIBASP 4(1), 36-48
Danial, H, Idul, R, & Usman, Z.R. (2021). English Interaction in EFL Context by Using the Virtual Platform at the Coastal Area School. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya,7(4), 197-204
Danial, H, Basalama, N, & Kasim, R. (2022). A Learner Centered Approach: ESP Need Analysis in Pandemic Learning Activites for NonFormal Students in High School Equivalency, Coastal Area of Bone Bolango. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(2), 677-682.
Fitriyah, S. R., Ismail A., Isrok’atun. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Read Answer Discuss Explain Create (RADEC) Berbantuan Video terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Perubahan Wujud Benda. 11(1), 206–215.
Hidayati, D. N., & Haryati S. (2018). Target and Learning Needs in English. LEKSEMA JBhs dan Sastra. 3(1):71–80
Juni, N., & Lawalata, M. (2024). Berbicara Dengan Logika: Strategi Komunikasi Yang Efektif Dalam Proses Pembelajaran Yurniman Ndruru. 2(2), 60–69.
Koller, V. (2021). The Language of Emotions: An Interdisciplinary Approach. London: Routledge.
Munro, M. J. (2022). Variability in L2 Vowel Production: Different Elicitation MethodsAffect Individual Speakers Differently. Front Psychol [Internet].Pages 1–15. Available from:https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2022.916736&ved=2ahUKEwjJ6Je3rI6GAxXN8zgGHUPKDcAQFnoECBEQBg&usg=AOvVaw2g25WzrBBvVK6dTIha5Np5
Nurokhmah, N. (2009). Pengantar Linguistik: Teori dan Aplikasi. Penerbit: Universitas XYZ.
Searle, J. R. (1969). Speech Acts: An Essay in the Philosophy of Language. Camridge: Cambridge University Press.
Seligman, M. E. P., Steen, T. A., Park, N., & Peterson, C. (2005). Positive Psychology Progress: Empirical Validation of Interventions. American Psychologist, 60(5), 410-421.
Timperley, H. (2019). Teacher Professional Development: Best Evidence Synthesis. New Zealand: Ministry of Education.
Tlarina, S. (1998). Dasar-Dasar Bahasa dan Sastra. Jakarta: Gramedia.
Wheeless, L. R. (1978). The Relationship Between Communicator Style and the Effects of Communication. Communication Research, 5(3), 251-265.
Yule, G. (2016). The Study of Language (4th ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Yule, G. (2018). The Study of Language (6th ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Copyright (c) 2025 Haris Danial, Rasuna Talib, Dewi Dama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.