Analisis Bentuk Penggunaan Bahasa Slang oleh Pageant Lovers Indonesia di Sosial Media Instagram

  • Alien Kurnia Warya Selia Universitas Borneo Tarakan
  • Azzahrah Istiqomah Nurain Universitas Borneo Tarakan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena ragam bahasa slang di sosial media Instagram. Slang merupakan satu diantara bentuk keragaman bahasa yang digunakan dalam komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk slang di media sosial Instagram pada pageant lovers Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari observasi, simak dengan teknik lanjutan. Data dan sumber data penelitian ini berupa kosakata yang diperoleh dari kolom komentar pageant lovers Indonesia di sosial media Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk bahasa slang yang digunakan oleh pageant lovers Indonesia di sosial media Instagram terdapat empat bentuk yaitu, singkatan, bentuk salah yang ucap, bentuk yang dipendekkan, dan interjeksi. Para pageant lovers Indonesia menggunakan bahasa slang untuk saling berkomunikasi sesama komunitasnya dan tidak boleh diketahui oleh kalangan di luar komunitasnya karena bahasa slang bersifat khusus dan rahasia.

Kata kunci: Instagram, Pageant Lovers, Slang, Variasi Bahasa

References

Bloomfield, L. (1993). Language. London: Henderson & Spalding.

Chaer, A., & Leonie, A. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2014). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Imarshan, I. (2021). Konvergensi Simbolik Komunitas Pageant Lovers Indonesia Di
Instagram. Jurnal Komunikasi Global, 10(2), 180-196.

Lambert, & Lambert, V. A. (2012). Qualitative descriptive research. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 255-256

Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1988). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis

Prastio, R. (2019). Persepsi Pageant Lovers Terhadap Penyelenggaraan Kontes Kecantikan Puteri Indonesia. Skripsi. Universitas Mercubuana.

Sariah, dkk. (2013). Pemakaian Bahasa Gaul di Lingkungan Remaja Kota Bandung. Bandung: Balai Pustaka Provinsi Jawa Barat.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Gramedia.

Sumarsono., & Partana, P. (2002). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (SABDA).
Published
2024-12-31
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times