Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Pembelajaran Berdiferensiasi

  • Siti Fathonah Universitas Borneo Tarakan
  • Nurul Hayati Universitas Borneo Tarakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat penerapan pembelajaran diferensiasi di SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berupa tulisan, perkataan dan perilaku melalui tahap observasi. Informasi digunakan untuk menjadi subjek yaitu guru kelas XI-A SMA Negeri 2 Tarakan. Pembelajaran berdiferensiasi ini bermanfaat dalam proses pembelajaran yaitu terjadi peningkatan fleksibilitas dalam metode pengajaran yang digunakan guru dan peserta didik memiliki pengalaman belajar yang lebih berfokus pada peserta didik, sesuai gaya belajar, fokus, relevan serta sesuai dengan bakat dan minat. Hasil penelitian ini berupa penerapan model pembelajaran diferensiasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI-A.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Implementasi, Metode Pembelajaran Berdiferensiasi

References

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar & Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.

Gunawan, H. (2012). Kurikulum dan Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan UniversitasPekalongan 2020, 10–15.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 141

Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta:Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Mulenga, I. M. (2018). Conceptualization and Definition of a Curriculum. Journal of Lexicography and Terminology, 2(2), 1–23. https://law.unza.zm/index.php/jlt/article/download/76/76

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–15.

Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., & Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbudristek. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=3AZGEAAAQBA J&oi=fnd&p g=PA2&dq=sakrali tas+maluku&ots=BPWBm1oFwQ&sig=5uh07-- OD0F07zlJdl654EJRNvc

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(01), 47–55. https://doi.org/10.59141/jist.v4i01.564

Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13– 28.
Published
2024-12-31
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times