Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas 4 SD Negeri 48 Lubuklinggau

  • Sheviana Shelly Universitas PGRI Silampari
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari
  • Raden Angga Bagus Kusnanto Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Canva. Menguji kevalidan, praktisan dan keefektifan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas 4 SD Negeri 48 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4-D subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 48 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Berdasarkan hasil validitas bahan ajar berbasis Canva penilaian ahli bahasa, media dan materi menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Canva memenuhi kriteria Valid dan skor rata-rata 0,91. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa bahan ajar berbasis Canva memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 4,95. Kemudian dari analisis efektif diperoleh bahwa bahan ajar berbasis Canva materi menulis puisi memenuhi kriteria efektif dengan skor rata-rata 0,99. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Canva terbukti Valid, Praktis dan Efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 48 Lubuklinggau.

Kata Kunci    :    Bahasa Indonesia, Bahan Ajar, Pengembangan, Canva, Menulis Puisi.

References

Admelia dkk. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Modul Pembelajaran Interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. Kacanegara Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(2), 177-186.

Affandy dkk. (2021). Tetap Kreatif Dan Inovatif Di Tengah Pandemi Covid-19. Pekalongan: NEM.
Ahmad S. R. & Hendri P. (2015). Mudah Menguasai Bahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya.

Amalia, I. F. dkk. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (304-309).

Amalia, M. D. dkk. (2017). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 185-198.

Amri, S., & Rohman, M. (2013). Startegi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Amrina dkk. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Kitabah di SMPIT Brilliant Batusangkar Kelas 7. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3.2: 90-105.

Azzahra dkk. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbantuan QR-Code Kelas V SDIT An-Nida Lubuklinggau. Linggau Journal of elementary school education (LJESE), 2(3), 104-112.

Burhaein, E. (2017). Aktifitas Fisik Olahraga Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Prodi Ikor Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Indonesia Jurnal Of Primary Education. 1.(1), 52-53.

Febriandi dkk. (2019). Validitas LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 152.

Ganie, T. N. (2015). Buku Induk Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Husain, M.Z. dkk. (2020). Pengembangan media audio visual berbasis Microsoft Powerpoint siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan dasar,1 (1), 38-48.

Husda, A., & Sembiring, R. A. (2020). Implementasi Gaya Belajar Kinestetik Sebagai Apresiasi Mahasiswa UNPRI Terhadap Pemaknaan Unsur Puisi. Jurnal Education And Development, 8(4), 494-494.

Irfan, I. dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16-27.

Istiqlal, M. (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(1), 43-54.

Juarsih, C. & Dirman. (2014). Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, F. dkk. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(1), 394-405.

Mariska, S & Rahmatina. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 489-501.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Navirida, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pedekatan Kontekstual Materi Mengubah Pecahan Ke Bentuk Persen Dan Desimal Serta Sebaliknya Untuk Siswa Kelas V SD. Simki-Pedagogia, 1(1), 1-8.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, Vol.8 No. 2, 79-96.

Pratiwi, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Konsep Gamifikasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Minat Belajar Siswa SMP. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165-178.

Rahmawati. (2020). Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Experiential Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SD Inpres Kampung Mejang Kabupaten Gowa. Skripsi Sarjana (S1), Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ratri, R. K. (2008). Cakap Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Resmini, S. dkk. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal. Abdimas Siliwangi, Vol 4 (2), 335-343.

Setiyawati, E. S. dkk. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Certa Rakyat Bergambar Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(2), 108-120.

Sholeh, M. dkk. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.

Siregar, LL., R. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 4(1), 44-50.

Siswanto, W. (2013). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Aditya Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Rahma Elvira Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.

Toyidin. (2013). Sastra Inovasi Puisi, Prosa, Drama. Subang CV. Pustaka Bintang.

Widoyoko, E.P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wilujeng, I. W. dkk. (2021). Pengembangan E Modul Berbasis Canva Digital Tentang Manfaat Hewan Bagi Manusia Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 5, No. 1, pp. 261-270).

Wulandari dkk. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD.  Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). 2.1: 102-118.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 10 times PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>