Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Materi Indonesiaku Kaya Budaya Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SD N 1 Air Deras

  • Yulita Suwanti Universitas PGRI Silampari
  • Aren Frima Universitas PGRI Silampari
  • Candres Abadi Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis canva materi indonesiaku kaya budaya muatan pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Air Deras yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan ADDIE (Analyisis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yaitu siswa Kelas IV SD Negeri 1 Air Deras berjumlah 19 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan dan seorang guru kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tertulis berupa soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi (ahli media, ahli bahasa, ahli materi) yaitu 0,89 dengan kategori sangat valid. Hasil analisis kepraktisan (siswa dan guru) 88,65% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis keefektifan N-Gain Score yaitu 0,63 dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, maka pengembangan bahan ajar interaktif berbasis canva valid, praktis, dan cukup efektif untuk digunakan pada pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar Interaktif, Canva, IPS, Sekolah Dasar

References

Azwar. (2015). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baharuddin. (2010). Pesikologi Pendidikan: Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (n.d.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Lestari, F., Sukenda Egok, A., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd Development of Math Mathematics Materials Based on Problem Based Learning on Classes V Sd. Wahana Didaktika, 18(3), 255–269.

Musyarofah, Ahmad, A., & Suma, N. N. (2021). Konsep Dasar IPS. Depok: Kumojoyo Press (Anggota IKAPI).

Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 43.

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi

Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Salsa Bilah, P., Budiana, S., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Canva Subtema Manusia Dan Lingkungan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3253–3259.
Published
2024-06-23
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 2 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2