Pesantren sebagai Pilar Pembentukan Akhlak Remaja: Studi Kasus dan Tantangan

  • Jalalussayuthy Jalalussayuthy Universitas Hamzanwadi
  • Hary Murcahyanto Universitas Hamzanwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyoroti peran penting pesantren dalam membina akhlak remaja. Melalui metode kualitatif dan studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi berbagai program dan strategi pembinaan akhlak yang diterapkan di pesantren ini. Program-program ini meliputi pengajaran kitab kuning dan hadis, keteladanan, dan pembiasaan melalui kegiatan agama dan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren ini berhasil mencetak generasi yang taat beragama, berakhlak mulia, dan kompetitif. Namun, masih ada kendala seperti kurangnya jumlah pembina dan kekhawatiran akan perubahan kurikulum. Meskipun demikian, upaya pembinaan akhlak ini dianggap berhasil oleh masyarakat setempat, yang mengakui peran strategis pesantren dalam membentuk karakter remaja sesuai dengan ajaran Islam.

 

Kata kunci: Pesantren, Pembinaan Akhlak, Transformasi Pendidikan

References

Abidin, A. Z., Ahmadi, I., & Imamah, F. M. (2020). Kiai, Transformasi Pesantren dan Pencarian Model Gender Mainstreaming di Pesantren Subulussalam Tulungagung. JURNAL PENELITIAN, 14(1). https://doi.org/10.21043/jp.v14i1.7128

Adi Sudrajat. (2018). Pesantren Sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan.

Adiyono, A., & Rohimah, N. (2021). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di MTs Negeri 1 Paser. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(5), 867–876.

Al Yakin, A., Latif, A., & Ronal, R. (2018). Pengaruh Masuknya Teknologi Modern Terhadap Budaya Lokal Masyarakat Di Desa Suppiran. Prosiding, 3(1).

Arifin, F. A. R., & Tjahjono, A. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Keluarga The Role Of Parents In The Child’s Moral Education In The Family. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2.

Athoillah, M. A., & Wulan, R. W. (2019). Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional, 2(November).

Bisri, H. (2019). Eksistensi dan Transformasi Pesantren Dalam Membangun Nasionalisme Bangsa. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 4(2). https://doi.org/10.58788/alwijdn.v4i2.362

Dewi Ixfina, F., Syamsudin, S., & Lailatul Fitriani, S. (2022). Pendidikan Multikultural di Lembaga Pendidikan Islam. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 7(2). https://doi.org/10.58788/alwijdn.v7i2.1606

Diana, N. (2016). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Etika Berbahasa Mahasiswa. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(1).

Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2). https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772

Hasyim, F. (2015). Kurikulum pendidikan agama Islam: Filosofi pengembangan kurikulum transformatif antara KTSP dan Kurikulum 2013. Madani Media.

Jamal, N. (2015). Transformasi Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Kepribadian Santri. Tarbiyatuna: Jurnal

Pendidikan Islam; Vol. 8 No. 2 (2015): AGUSTUS; 64-100 ; 2442-4579 ; 2085-6539. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/92

Japaruddin, J., Hamengkubuwono, H., Kusen, K., Warlizasusi, J., Yanto, M., & Fathurrochman, I. (2020). Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Eksistensi Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 87–94.

Jenuri, -. (2016). Tantantangan dan Strategi Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan Siswa Dan Sekolah Berkualitas. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2833

Khoiriyah, I. K., Roziqin, M. M., & Ulfa, W. K. (2020). Pengembangan Kurikulum Pesantren dan Madrasah; Komponen, Aspek dan Pendekatan. Qudwatuna, 3(1), 25–46.

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84–97.

Mansur, R. (2016). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam multikultural (Suatu prinsip-prinsip pengembangan). Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran).(Indonesia jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam, 2 (2). 14-23.

Muhammad Armel Nursena, Sobar Al Ghazal, & Huriah Rachmah. (2022). Implementasi Program IMTAQ (Iman dan Taqwa) dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren X Dago Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2). https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.550

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44.

Mulyani, F. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1–8.

Murcahyanto, H., Asmawi, M., & Madhakomala, R. (2018). The Effect Of Democratic Leadership Style, Organizational Culture Commitment On Organization And Self-Confidence On Lecturers’performance Of STKIP Hamzanwadi Selong Lombok. Journal of Education Research in Administration and Management (JERAM) 2 (1 …. https://doi.org/10.29061/jeram.v2i1.86

Muthoharoh, M. (2020). Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Karya Sastra Modern. Akademika, 13(01). https://doi.org/10.30736/adk.v13i01.134

Muzakky, R. M. R., Mahmuudy, R., & Faristiana, A. R. (2023). Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3).

Nafi’a, I., Masrukhin, M., & Gumiandari, S. (2022). Penyimpangan Etika Berbahasa dalam Interaksi Siswa Berstatus Santri dengan Guru antara di Sekolah dan Pesantren. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v11i1.10745

Nurihsan, A. J., & Agustin, M. (2016). Dinamika perkembangan anak dan remaja: Tinjauan psikologi, pendidikan, dan bimbingan. In Bandung: Refika Aditama.

Nurriqi, A. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan. BINTANG, 3(1), 124–141.

Nuryaumin, N. (2021). Long life education dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1). https://doi.org/10.47887/amd.v1i1.10

Omar, M. R., Singki, S. N., & Ismail, M. (2022). Amalan Pengajaran Dalam Kursus Pendidikan Islam Sepanjang Hayat (PISH). International Journal of Interdisciplinary and Strategic Studies, 3(4). https://doi.org/10.47548/ijistra.2022.45

Ramdhani, K., Hermawan, I., & Muzaki, I. A. (2020). Pendidikan Keluarga sebagai Fondasi pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. JIAI Jurnal Ilmu Agama Islam, 2(2).

Saini, M., & Latipah, S. (2022). Pendidikan Karakter Santri Berbasis Pesantren Tahfidzul Qur’an di Desa Jabon Kertosono Nganjuk. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3). https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1337

Salam, S. A. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Melati Kecamatan Waesala Kabupaten Seram Bagian Barat. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1). https://doi.org/10.33477/kjim.v2i1.2068

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.

Shulhan, S. (2021). Transformasi Modernisasi Pesantren Salaf. Jurnal Perspektif, 14(2). https://doi.org/10.53746/perspektif.v14i2.54

Sulhan, A. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Santri dalam Mewujudkan Mutu Lulusan di MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Lombok Barat. JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 14(2). https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.488

Sun’iyah, S. L. (2022). Pengarusutamaan Internalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Dalam Pembentukan Mature Personality Perempuan. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora; Vol 9 No 2 (2022): Oktober; 114-132 ; 2550-0953 ; 2303-3487 ; 10.52166/Darelilmi.V9i2. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/3497

Tegal, H. F.-A. B. S. I. (2017). Perilaku penggunaan media sosial pada kalangan remaja. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 3(2).

Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61–74.

Wibawa, A. E. Y. (2021). Hubungan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Prestasi Kerja Guru Dengan Kemajuan Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Surakarta. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 1(1), 56–63.

Yani, M. (2021). Hakikat Guru dalam Pendidikan Islam. Sultra Educational Journal, 1(2). https://doi.org/10.54297/seduj.v1i2.158

Yatri, I., Fatayan, A., & Granatuma, H. F. (2022). The Implementation of School-Based Management in Islamic Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3). https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2239

Zahroh, A. (2021). Transformasi Budaya Aswaja di Pesantren. TARBIYATUNA, 14(1). https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i1.853

Zubedi, Z., Lamatenggo, N., & Arifin, A. (2022). Kepemimpinan Kyai Dalam Transformasi Pondok Pesantren. Student Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/sjem.v2i1.1187
Published
2024-08-27
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 2 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4