Pengaruh Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama

  • Lili Hasim STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Sufia Retti STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

Abstract

Tujuan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran somatic auditori visual Intelektual (SAVI) terhadap keterampilan menulis teks drama SMPN 6 Payakumbuh.Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif denagan pendekatan eksperimen deskripsi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pembelajaran menulis teks drama antara model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan metode konvensional (4,1096>2.021) Simpulan, hasil pembelajaran siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) lebih baik dibanding hasil pembelajaran siswa kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.

 

References

Agustianti, S., & Hulu, I. (2020).Penerapan Model SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI. 4, 1596–1608.

Indrawan, K. A., Kristiantari, M. G. R., Agung, I. G., & Negara, O. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. 2(1), 59–67.

Munifah, M., Romadhona, A. N., Ridhona, I., Ramadhani, R., Umam, R., & Tortop, H. S. (2019).How to Manage Numerical Abilities in Algebra Material? Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 223–232.https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5325

Nadhiah, P. R., & Wulandari, S. S. (2020).Pengaruh Model Pembelajaran SAVI ( Somatic , Auditory , Visual , Intelectual ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 10 Surabaya Pengaruh Model Pembelajaran SAVI . 8(15), 421–432.

Nainggolan, E., & Purwanto, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture. Jurnal Imajeri, 02(1), 32–42.

Nofrianni, E. (2019).Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Model Somatic Auditory Visual. 7(April), 15–22.

Ramba, E. (2019).Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara Examin Ramba. 1(1), 117–129.

Rosmanisi, N., Effendi, M. S., & Lazuardi, D. (2021).Pengaruh Model Somatic, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) terhadap Keterampilan Menulis Puisi Ssiswa Kelas X MA Mazro’Illah Lubuklinggau. LJLEL: Linggau Jurnal Language, Education and Literature, 1(1), 43–55. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljlel/article/view/30%0Ahttps://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljlel/article/download/30/13.

Sensialiana, L., Andriani, S., & Sahmini, M. (2019).Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Model Jigsaw. 2(September), 783–792.

Wulandari, R. T., Pratama, D. P., & Andiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) pada Muatan Bahasa Indonesia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 340. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39407

Wulansari, N., & Sumardi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama. Prosiding Samasta, 103–108.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7215/4469
Published
2022-06-16
How to Cite
Hasim, L., & Retti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 188-196. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i2.3565
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times