Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

  • Sufia Retti STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Poni Ernis STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kontribusi disiplin dan motivasibelajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 128 siswa dan sampel berjumlah 32 siswa siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara penentuan kelas (Cluster sample). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Data Disiplin dan Motivasi Belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis menggunakan metode statistik. Hasil analisis data menunjukkan: (1) disiplin memberikan kontribusi sebesar 31,7% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota; (2) motivasi Belajar memberikan kontribusi sebesar 14,4% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota; (3) disiplin dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 96,4% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Simpulan, disiplin dan motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, semakin tinggi disiplin dan motivasi belajar, maka hasil belajar Bahasa Indonesia siswa akan semakin meningkat.

 

Kata Kunci: disiplin, hasil belajar, motivasi belajar

References

Abdullah, B. (2017). Makna Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Istiqra’, 5(1), 94–102.

Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd ) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi K kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12. http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/467/204

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Arsy, C. W. W., Ariyanto, L., & Harun, L. (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 535–546. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.9877

Haryani, F. F., & Nursanti, A. D. (2022). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 599–608. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.44835

Isnaeni, S. N., & Sumilah. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif, 9(1), 12–20. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/16502/8393

Kemalasari, D. L. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi Dikalangan Siswa Sekolah Menengah Atas. Satya Widya, 34(2), 160–166. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i2.p160-166

Lagu, A. R., Ali, U., Syaputra, A. W., & Saingo, Y. A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Di SMTK Waikabubak Sumba Barat. 2(04), 922–932.

Leobisa, J., & Namah, M. G. (2022). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3301–3309. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2582

Meyanti, I. G. A., Atmadja, N., & Pageh, I. (2021). Kontribusi motivasi belajar, disiplin belajar, dan sikap sosial terhadap hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.422

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397

Sari, N., Sibagariang, S. A., & Simatupang, L. F. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil
Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar TA 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 369–376. http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/124%0Ahttps://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/download/124/104

Sihombing, S., Lumbanraja, F., & Margareta, E. (2022). Hubungan Antara Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Kelas VIII SMP Negeri 4 Pematang Siantar T.a 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(6). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i6.356

Wahab, V., Rahman, N., & Fitri, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Economics and Education Journal (Ecoducation), 3(1), 63–72. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1182
Published
2023-12-19
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 1 times