Penggunaan Teknik Pembelajaran Menarasi Grafik terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi

  • Hendrisman Hendrisman STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh
  • Sufia Retti STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh

Abstract

This study aims to describe the effect of graphic narration learning techniques on writing explanatory texts for class XI students of SMK Negeri 2 Guguak. The method used in this study is a quantitative experiment. The research design used a pretest-posttest control group. Sampling is done using probability sampling (random sample). The results showed that the mean value obtained was 93 with tcount of 4.023 (> ttable = 1.684). In conclusion, there is a significant difference between the explanatory text writing skills using graphic narration learning techniques compared to students taught using conventional methods at SMK Negeri 2 Guguak.

Keywords: Writing Skills, Graph Narration Learning Techniques

References

Apriyani, N. N. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Filmstrips pada Siswa Kelas XI MAN 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Diksatrasia, 3(2), 61-74. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/2209/2136

Dewi, V. T., Sari, A. W., & Nisja, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Scripts terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 9 Padang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2235–2239. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.469

Gusnita, Y., Basri, I., & Ratna, E. (2018). Pengaruh Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(7), 75-182. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/download/9558/7060

Hadiansah, D., Sari, H., Firmansyah, E., & Rabiussani, R. (2021). Model Collaborative Learning (CL) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII SMP Nugraha Kota Bandung. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 7(1), 73-84. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.515

Kesuma, C. A. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Metro. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 2(2), 159-172. https://doi.org/10.52217/ksatra.v2i2.763

Khaerunnisa, K., & Azhari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks pada Siswa Kelas XI SMK Informatika Ciputat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0”, 1(1), 167-182. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2767/2265

Mahajani, T., Suhendra, S., & Nurlihayati, N. (2021). Analisis Penggunaan Kohesi Gramatikal pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 97–102. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v4i2.3609

Pinastiti, G. S., Andayani, A., & Sumarwati, S. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. BASASTRA Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya, 8(1), 100-108. https://doi.org/10.20961/basastra.v8i1.41964

Pramono, R. (2020). Penerapan Metode Outdoor Learning dalam Pembelajaran Mengkonstruksi Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Dwijaloka, 1(1), 1-11. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/397

Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43. http://dx.doi.org/10.29210/12017295

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 292-302. http://dx.doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100

Suprianto, E. (2019). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 22-32. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810

Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123–133. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302

Windhiarty, W., Haruna, J., & Sulistyowati, E.D. (2017). Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dengan Media Berbasis Adobe Flash Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 367-376. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v1i4.768

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228-234. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25625/12938
Published
2021-10-28
How to Cite
Hendrisman, H., & Retti, S. (2021). Penggunaan Teknik Pembelajaran Menarasi Grafik terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 61-70. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2930
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times