Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi

  • Hendrisman Hendrisman STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Refi Yanis STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Guguak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen. Populasi penelitian siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Guguak yang berjumlah 156 siswa. Penarikan sampel menggunakan Teknik purposive sampling yaitu  kelas VII2 yang berjumlah 25 siswa dan VII4 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan uji ‘t’ dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data menunjukkan bahwa, model Reciprocal Teaching berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks fantasi di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai siswa, yang mana pada waktu prates nilai rata-rata/ mean (X) adalah 71,24. Setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam proses pembelajaran pada waktu pascates dengan nilai rata-rata/ mean () adalah 86,68. Hal ini dilihat dari hasil perbandingan thitung  dengan ttabel (5,099 > 2,064), karena thitung lebih besar dari ttabel maka H1 (Hipotesis alternatif) diterima. Jadi, pembelajaran model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dibanding baik digunakan untuk keterampilan menulis teks fantasi.

Kata Kunci: model reciprocal teaching, menulis teks fantasi

References

Agusti, S. A., Rahmi, E., & Syofyan, R. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa pada Mata PelajaranEkonomi (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Padang). Jurnal Ecogen, 1(2), 351. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4755

Andira, T., Santoso, B., & Yusup, M. (2018). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun datar segiempat. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 88-98. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.16579

Aryani, Y., & Gunayasa, H. H. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 1 Barejulat. Pendas: Primary Education Journal, 2(2), 1–9.
https://doi.org/: http://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/index

Danial, M. I., & Ekohariadi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa Dimasa Pandemi pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D dan 3D Jurusan Multimedia di SMKN 1 Driyorejo. Jurnal IT-EDU, 6(2), 85–93.

Dwipa, D. P., Wardani, N. E., & Anindyarini, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi: Studi Kasus Di Kelas Vii Smp Negeri 4 Surakarta. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 133. https://doi.org/10.20961/basastra.v8i1.42023

Futri, A. H, & Supriatna, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII A SMPN 2 Sindangresmi. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 51–66. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.220

Ginting, S. U. B (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media “Elegi Esok Pagi ” Karya Ebid G.Ade Siswa Kelas Xi Sma Swasta Nasional Namotrasi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.37755/jsbi.v16i2.198

Irmawati, A., Syarifah, E., & Siliwangi, I. (2019). Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Model Project Based Learning. Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Model Project Based Learning |, 109, 109–114.

Ketong, S., Burhanuddin, B., & Asri, W. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5629

Kurniawati, N., & Soro, S. Y. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Di Smp Negeri 91 Jakarta. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 269–276.

Lestari, A.S., & Wahid, I. S. (2022). Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Wonggeduku. Urnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 431–437.

Manalu, L. S., & Arif, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Metode Pembelajaran STAD bagi Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1(1), 215–222.

Putri, F. R., Thahar, H. E., & Arief, E. (2018). Struktur Dan Kebahasaan Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas Vii Smp Pembangunan Laboratorium. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(7), 25–32.

Yahya, Y., & Yulistio, D. M. A. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, II(III), 350–355. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6791

Zahrina, L. N. U. Q. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Strategi Joyfull Learning untuk Siswa Kelas VII B SMP Negeri 7 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 64–71.
Published
2022-12-18
How to Cite
Hendrisman, H., & Yanis, R. (2022). Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 6(1), 19-30. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i1.4696
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times