Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

  • Hendrisman Hendrisman STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis cerpen setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match kelas X SMA N 2Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dengan sabjek penelitian siswa kelas X.2 yang berjumlah 22 orang, karena 3 orang diantaranya tidak hadir dalam tiap kali pertemuan dianggap gagal. Jadi tersisa 19 orang. Penggumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembaran observasi dan tes unjuk kerja.Analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran koopetarif tipe make a match dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 2 Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Dilihat dari pada awalnya (Prasiklus) hanya  mencapai rata-rata 48,3 dengan kualifikasi hampir cukup. Pada siklus 1 mencapai rata-rata 70 dengan kualifikasi lebih dari cukup, kemudian dilakukan siklus 2 dengan rata-rata 81 dengan kualifikasi baik. Simpulan, keterampilan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mate a match dapat meningkat.

 

Kata Kunci: Menulis Cerpen, Model Kooperatif, Tipe Make a Match

References

Ariga, H. P. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match(Mencari Pasangan) Pada Siswa Kelas X Smk Dharma Bakti 1 Medan. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 113–120. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1962

Darusuprapti, F., & Haryanto, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Media Pembelajaran Pop-Up. Widyaparwa, 47(1), 69–79. https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i1.315

Ermita, E. (2021). Make a-match: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 429–436. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1286

Faridah. (2022). Pinisi : Journal of Teacher Professional Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan STAD. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 3(November), 280–290.

Guslinda, G., & Witri, G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1(1), 1. https://doi.org/10.31258/jta.v1i1.1-13

Haruna, N. H., & Darwis, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159

Hendrisman, H., & Retti, S. (2021). Penggunaan Teknik Pembelajaran Menarasi Grafik terhadap Keterampilan Menulis
Teks Eksplanasi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 5, 61–70. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/2930%0Ahttps://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/2930/1711

Ikbal, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IX. Journal of Education Action Research, 5(4), 465. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12333

Jumriati. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Metode Problem Based Learning. Journal of Education and Counseling, 1, 40–54.

La Rakima, H., & Wulandari, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Bimbingan Belajar Dari Rumah Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelompok B TK Lolena Kecematan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4395

Lestari, B. V, Saputra, H. H., & Rosyidah, A. N. K (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas Iii Sdn 3 Beleka. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 1–6. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/84

Putri, N. A., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730

Sa’adah, S., & Johari, I. (2022). Penerapan Metode Make a Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Lawe Alas. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 147–159. https://doi.org/10.55606/tuwahpande.v1i1.17

Sabila, A.H., & Nurhayati, M. (2022). Analisis Cerpen “Ketika Aku Dan Kamu Menjadi Kita” Menggunakan Pendekatan Objektif. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(4), 98–104. https://doi.org/10.58192/populer.v1i4.286

Saimun, S. (2022). Penerapan Metode Make a Match Berbasis Pancingan Kata Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas Xii Ipa Di Sma Negeri 1 Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(1), 20–28. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.628

Sambawarana, A. A. N. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 53–57. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.22

Sihjati, B. B. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX.F SMPN 7 Semarang Dengan Metode Jigsaw (Studi Kasus Metode Jigsaw Di Kelas IX.F SMPN 7 Semarang, Jawa Tengah). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(12), 2099–2106.

Sitompul, H. S., & Maulina, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1008

Umar, S. W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Strategi Copy the Master Melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 1–15.

Utami, N. P. M. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035

Walef, S. M. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X Sman 1 Kecamatan Payakumbuh. Pena Literasi, 1(1), 45. https://doi.org/10.24853/pl.1.1.45-54

Wikanengsih, W., & Ningrum, P. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Adobe Flash (Improving Short Story Text Writing Skills Using Adobe Flash). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 262. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8417
Published
2023-12-11
Abstract viewed = 8 times
pdf downloaded = 5 times