Penggunaan Model Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Menulis Artikel

  • Hendrisman Hendrisman STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Yuhasnil Yuhasnil STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Lili Hasmi STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis artikel siswa kelas XII SMKN 1 Guguak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen. Populasi penelitian siswa kelas VII SMKN 1 Kecamatan Guguak yang berjumlah 243 siswa. Penarikan sampel menggunakan Teknik purposive sampling yaitu kelas XII2 yang berjumlah 25 siswa dan XII4 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu tes unjuk kerja. Data dianalisis menggunakan uji “t†dan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis menyatakan uji t (t-test) di kelas eksperimen membuktikan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu = 3,904 > 2.064), maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Selanjutnya hasil uji t (t-test) dalam kelas kontrol membuktikan nilai membuktikan thitung lebih besar dari t-tabel = 4,347 > 2.064) maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Jadi, keterampilan menulis artikel lebih cocok menggunakan model pembelajaran CIRC dibandingkan menggunakan model konvensional.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis Artikel, Pembelajaran CIRC

References

Ekawati, R., Susetyarini, E., Pantiwati, Y., & Husamah, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ). JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3), 298–306. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2662

Febriyanto, B. (2021). Model Pembelajaran CIRC. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(2), 2013–2015.

Ilham, M., & Wijiati, I. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=WUTZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=keterampilan+berbahasa&ots=RsTh9lCt5v&sig=zsoDOh9ZrrlwYzuq-YNSFU0JZHs

Indah, R., & Ummul, Q. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Populer Bagi Siswa Sma Muhammadiyah 2 Jakarta. Bakti Nusantara Linggau : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.55526/bnl.v2i2.286

Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–124. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1030

Khuzaemah, E., & Herawati, L. (2017). Pembelajaran Menulis Esai Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Berbasis Life Skills. Indonesian Language Education and Literature, 2(2), 148. https://doi.org/10.24235/ileal.v2i2.1360

Kirom, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(2), 204–226. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.616

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/58887695/PDGK4101-M1.pdf

Nabilah, F., & Wardono, W. (2021). Kemampuan Literasi Matematis dengan Higher Order Thinking pada Pembelajaran CIRC Bernuansa SPUR Berbantuan Google Classroom. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 200–207. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44963

Nasution, T. N., Netriwati, N., & Dewi, N. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC dengan Strategi MURDER Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungkai Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1992–2000. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.679

Ningrum, A. S., Salminawati, S., & Rambe, R. N. (2020). … (Cooperative Integrated Reading and Compotision) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv …. Nizhamiyah, X(2), 31–38. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/731

Nita, O. (2020). Penguasaan Morfologi dalam Menulis Artikel Populer. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(2), 298–307.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406

Rostikawati, Y., & Ely, S.A. (2020). Abdimas Siliwangi. Abdimas Siliwangi, 03(01), 363–370.

Royani, P., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Berbantu Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Ips Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(2), 567.

Sartika, D., Musyifah, S., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII MTsN 4 Bima. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 38–50. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.139

Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087

Taufik, T., Erwin, E., & Khatimah, H. (2020). Model Pembelajaran CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 62–70. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.15
Published
2023-06-18
Abstract viewed = 120 times
pdf downloaded = 198 times

Most read articles by the same author(s)