Keterampilan Mengkontruksi Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Karyawisata
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan metode karyawisata siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Harau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 168 orang siswa dengan sampel kelas VIII.4 dengan penarikan sampel menggunakan metode claster random sampling berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan tes, tes yang digunalan adalah tes unjuk kerja dengan meminta siswa untuk membuat teks eksplanasi menggunakan metode karyawisata. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata 77 yang berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi baik. Simpulan, menulis teks ekslanasi kurang cocok digunakan menggunakan metode karyawisata dilihat dari hasil kerja siswa dengan rata-rata 77 yang berada pada kualifikasi baik.
Kata Kunci: menulis teks eksplanasi, metode karyawisata
References
Damiran, A. D. A. (2022). Pengaruh Metode Karya wisata terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Tunarungu Kelas VII SMPLB-B di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 361–370.
Fathia, W. (2021). Pengembangan Tes Kinerja pada Materi Teks Negosiasi dan Teks Debat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Konteks Budaya Lokal Sumatera Barat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3520–3530. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.927
Ibrahim, H., & Soleh. (2021). Pengaruh Metode Karya wisata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Mekarbaru Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Indonesia, 10(2). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm%0Apengaruh
Jumadi, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan, 30(2), 341. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1549
Jumiati. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna, 2(2), 21.
Latifah, S., Basyar, S., & Sasmiyati, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kecakapan Berpikir Rasional Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i2.2248
Normawati. (2017). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. Kibas Cendrawasih, 14(2), 221–236.
Nuraiza, N., Junaidi, J., & Rahmi, T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tiji. 5(1), 52–62.
Nurmaliah, N., Ilyas, S., & Apriana, E. (2018). Penggunaan Metode Karya wisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 23. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.231
Rosyidatul, U., Mustofa, M., & Selirowangi, N. B. (2016). Pembelajaran Menulis Esai Dengan Pendekatan Kontekstual dan Media Video Di Kelas Xi Sma Darul ‘Ulum Sugio. Humanis, 4(1), 1–23
Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VII. Jurnal Educatio, 3(2), 32–43.
Saputri, W. I., Hendrawijaya, A. T., & Imsiyah, N. (2019). Hubungan Antara Metode Karya wisata Dengan Pembentukan Karakter Mandiri Anak Usia Dini Di PAUD Al-Baitul Amien Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 23. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i1.13529.
Widiyarto, S., Ati, A. P., Mulyadi, M., Yanti, S., Restoeningroem., Widiarto, T., & Sutina, S. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Scrabble Pada Siswa SMP Di Kabupaten Bogor. 6(November), 1731–1739.