Project Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Siswa Menulis Teks Rekon dengan Media Audio Visual

  • Muhammad Zamroni Hidayatullah Universitas Hamzanwadi
  • Aminah Aminah SMAN 6 Mataram
  • Mohzana Mohzana Universitas Hamzanwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa SMA Negeri 6 Mataram dalam menulis Teks Rekon, dengan memanfaatkan media Audio Visual. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Project Based Learning (PJBL). Sampel penelitian adalah siswa kelas X9 yang terdiri atas 34 siswa yakni 20 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 5 siklus. Tiap siklus memiliki 3 tahapan yakni, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan kemampuan menulis Teks Rekon siswa kelas X9 yang meningkat. Media Audio Visual sangat menarik dan efektif sebagai sumber ide siswa dalam memunculkan gagasan untuk menulis Teks Rekon. Sehingga, akhirnya meningkatkan minat siswa dan mampu menulis Teks Rekon dengan baik dan menarik. Simpulan, model pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan media Audio Visual bisa meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis Teks Rekon dengan baik dan menarik.

 

Kata Kunci: Audio Visual, Menulis, PjBL, Teks Rekon

References

Abdullayeva, M., & Muzaffarovna, M. Z. (2023). The impact of Chat GPT on student’s writing skills: an exploration of ai-assisted writing tools. https://doi.org/10.5281/zenodo.7876800

Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2).

Burhan, N. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Darmuki, A., Hidayati, N. A., & Ningsih, A. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Buku Teks Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1806–1811. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1655

De Mello, G. D. J. P., Omar, N. H., Mohamad Esa, I. I., & Ariffin, K. (2021). An Analysis of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in Malaysian University English Test Report Writing. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(4). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i4/9837

Hawks, S. J., Turner, K. M., Derouin, A. L., Hueckel, R. M., Leonardelli, A. K., & Oermann, M. H. (2016). Writing Across the Curriculum: Strategies to Improve the Writing Skills of Nursing Students. In Nursing Forum, 51(4).
https://doi.org/10.1111/nuf.12151

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube. Jurnal Educatio, 7(4), 1738–1744. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1566

Ismail, R., Rifma, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808

Mohzana, M., Fahrurrozi, M., & Murcahyanto, H. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Learning Pada Mahasiswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 233-242. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2087

Mohzana, M., Israwaty, I., Lumingkewas, C. S., Tahir, A., & Arief, I. (2023). The Effectiveness Analysis of Android Based E-Diagnostic Test Development Program to Identify Level of Student’s Misconception. Journal on Education, 6(1), 1363–1368.

Mohzana, M., Merla, M., Boari, Y., Hudain, M. A., & Kamaruddin, I. (2023). The Analysis Of The Effectiveness Of Group Investigation Method Implementation In Increasing Student Learning Outcomes. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 148–153.

Murcahyanto, H. (2023). Penerapan Media Chat GPT pada Pembelajaran Manajemen Pendidikan terhadap Kemandirian Mahasiswa. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.14073

Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semantik, 2(2), 47–54.

Nurmanjaya, T. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Menggunakan Google Meet dengan Media Gambar Berseri. Jurnal Educatio, 7(4), 1879–1884. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1715
Pujiono, S. (2014). Kesiapan guru bahasa Indonesia SMP dalam implementasi Kurikulum 2013. Litera, 13(2).

Ratnawati, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembuatan Komik Strip Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3)
https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867

Sampurna, R. M. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pjbl Untuk Menulis Narasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 470–476.

Shidiq, M. (2023). The use of artificial intelligence-based Chat-GPT and its challenges for the world of education; from the viewpoint of the development of creative writing skills. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 1(1), 360-364. http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/5614

Sitepu, T., & Isman, M. (2022). Pengaruh model project-based learning (PjBL) dengan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi kelas X SMA. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran, 3(3),256-265.

Siwa, I. B., Muderawan, I. W., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pemebalajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3), 1–13.

Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1). https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70

Julianto, I., Kurniadi, D., Septiana, Y., & Sutedi, A. (2023). Alternative Text Pre-Processing using Chat GPT Open AI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 12(1), 67-77. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/janapati.v12i1.59746

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493

Sutrisno, T. & A. M. (2020). Efektivitas penggunaan media video dalam pembelajaran online mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V sekolah dasar negeri 03 Munggur kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2019/2020. (2020). Pancar, 4(2), 53–65.

Wortman-Wunder, E., & Wefes, I. (2020). Scientific writing workshop improves confidence in critical writing skills among trainees in the biomedical sciences. Journal of Microbiology & Biology Education, 21(1), 30. https://doi.org/https://doi.org/10.1128/jmbe.v21i1.1843

Yalvac, B., Smith, H. D., Troy, J. B., & Hirsch, P. (2007). Promoting advanced writing skills in an upper-level engineering class. Journal of Engineering Education, 96(2). https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2007.tb00922.x
Published
2023-12-24
Abstract viewed = 48 times
pdf downloaded = 52 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>