Rahasia Sukses Meningkatkan Motivasi dan Keahlian Siswa dalam Menulis Recount Text dengan Media Mading serta Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL)

  • Ismi Ariyati Universitas Hamzanwadi
  • Mohzana Mohzana Universitas Hamzanwadi
  • Aminah Aminah SMAN 6 Mataram

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa SMA Negeri 6 Mataram dalam menulis teks recount pribadi, dengan memanfaatkan media mading. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Project Based Learning (PjBL). Sampel penelitian adalah siswa kelas X.4 yang terdiri atas 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan kemampuan menulis teks recount siswa kelas X.4 meningkat. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran seperti mading memberikan efek terhadap motivasi dan kemampuan siswa dalam menulis teks recount pribadi. Peningkatan ini terlihat dari minat dan nilai siswa ketika siklus II berakhir.

 

Kata Kunci: Mading; Menulis; PjBL; Recount text

References

Agustin, H. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Siswa Menulis “Recount text” Memanfaatkan Media Gambar Dengan Metode Pbl. Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia, 1(1), 54–66. https://doi.org/10.47387/sena.v1i1.38

Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 96–102.

Agustina, Y., Nazri, M. A., & Murcahyanto, H. (2023). Curriculum application: Designing aims and learning outcomes in the English Department. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(3), 155–163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i3.21405

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. (Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Fahrurrozi, M., Mohzana, & Murcahyanto, H. (2021). Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Guru Kelas. JOEAI(Journal of Education and Instruction), 4(1).

Farhana, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount Pada Siswa Dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Semantik. Instruksional, 1(1), 66. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.66-75

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar Ruz Media.

Fatmawati, F. (2018). Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(4). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4666

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hussein, B. (2021). Addressing collaboration challenges in project-based learning: The student’s perspective. Education Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/educsci11080434

Kavlu, A. (2020). The Effect of Project-Based Learning on First-Year Undergraduate Students in English for Specific Purposes (ESP) Courses. International Journal of English Linguistics, 10(4). https://doi.org/10.5539/ijel.v10n4p227

Lu, Q. (2021). A New Project-Based Learning in English Writing. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(5). https://doi.org/10.3991/ijet.v16i05.21271

MacLeod, M., & Van der Veen, J. T. (2020). Scaffolding interdisciplinary project-based learning: a case study. European Journal of Engineering Education, 45(3). https://doi.org/10.1080/03043797.2019.1646210

Maddukelleng, M., Jihan, J., Gunawan, H., Murcahyanto, H., & Pasaribu, W. (2023). Hybrid Learning Innovation: Challenges for Developing Teachers Skills in Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 100–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.1959

Mohzana. M., Fahrurrozi, M., & Murchayanto, H. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Learning Pada Mahasiswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2087

Murcahyanto, H. (2023). Pengaruh Learning Management Sistem terhadap Motivasi dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa pada Masa Pandemik Covid-19. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 112–127.

Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nursidah, N., Rufinus, N., & Sada, C. (2017). Increasing students’ ability in writing a recount text. English Educatiom Study Program, FKIP Tanjungpura University Pontianak, 6(4), 1–12.

T. I. M., Hasnawati, D., Si, M., Tarmizi, P., Pd, M., Keguruan, F., & Ilmu, D. A. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Pada Universitas Bengkulu. 0022028104, 3–5.

Pratiwi, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning didukung Metode Example Non-Example Pada Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri Simpang Agung.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik.

Sari, D. M. M., & Prasetyo, Y. (2021). Project-based-learning on critical reading course to enhance critical thinking skills. Studies in English Language and Education, 8(2). https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.18407

Sulistiyono, R. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Teks Negosiasi. The Progressive and Fun Education Seminar, 464–470.

Syaifudin. (2020). Model Pembelajaran Project Bades Learning. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Wahyuli, R., & Ifdil, I. (2020). Perbedaan Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School dan Non Full Day School. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.24036/4.34380

Wang, S. (2022). Critical Thinking Development Through Project-Based Learning. Journal of Language Teaching and Research, 13(5). https://doi.org/10.17507/jltr.1305.13
Published
2023-12-11
Abstract viewed = 106 times
pdf downloaded = 24 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>